Kepribadian berkaitan dengan adanya perbedaan karakteristik yang paling dalam pada diri manusia, perbedaan karakteristik tersebut menggambarkan ciri unik dari masing-masing individu.

Faktor-faktor pembentuk kepribadian adalah Keturunan; Lingkungan (budaya, norma, teman, kelompok sosial); dan Situasi.

12 unsur kepribadian adalah Self; Personality traits; Kecerdasan; Appearance dan impressions; Kesehatan; Tinggi, berat, bentuk badan; Sikap terhadap orang lain; Knowledge; Skills; Emotional tone dan control; Nilai; dan Peranan

Karakteristik kepribadian:

Ø      Kepribadian menggambarkan perbedaan individu

Ø      Kepribadian menunjukkan konsistensi dan berlangsung lama

Ø      Kepribadian dapat berubah

Tiga teori utama mengenai kepribadian adalah Teori Freud; Teori Kepribadian Neo-Freud; dan Ciri (Trait Theory)

1. Teori Freud, dimana kebutuhan yang tidak disadari atau dorongan dari dalam diri manusia adalah inti dari motivasi dan kepribadian. Menurut Freud, kepribadian terdiri dari tiga unsur yang berbeda yaitu id, ego, dan super ego.

2. Teori Kepribadian Neo-Freud, dimana manusia berusaha memenuhi apa yang dibutuhkan masyarakat dan masyarakat membantu individu dalam memenuhi kebutuhan dan tujuannya. Hubungan sosial merupakan faktor dominan dalam pembentukan dan pengembangan kepribadian manusia.

3. Ciri (Trait Theory), dimana manusia diklasifikasikan ke dalam karakteristik atau sifat atau cirinya yang paling menonjol.

Para pemasar menggunakan konsep kepribadian untuk mengkomunikasikan produknya sehingga memiliki positioning sesuai dengan kepribadian konsumen yang dituju.

#Gaya hidup adalah pola hidup seseorang dalam menggunakan uang dan waktunya. Gaya hidup berbeda dengan kepribadian. Gaya hidup lebih menggambarkan perilaku dari seseorang sedangkan merefleksikan karakteristik internal dari seseorang.

# Psikografik adalah suatu instrumen untuk mengukur gaya hidup yang memberikan pengukuran kuantitatif dan bisa dipakai untuk menganalisis data yang sangat besar. Psikografik biasanya digunakan untuk melihat segmen pasar.

Summarized by Q Ahmada Arifin (Majoring in Department of Management, Faculty of Economics and Management,  Bogor Agricultural University, Bogor, Indonesia).
Based  on Ujang Sumarwan, 2003. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran (Consumer Behaviour: Theory and Application in Marketing). www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id

Comments are closed.