Pengolahan informasi terjadi pada diri konsumen ketika salah satu konsumen menerima input dalam stimulus, yang dapat berbentuk produk, nama merek, kemasan, iklan maupun nama produsen. Menurut William McGuire Ada 5 tahap pengolahan informasi yaiu :

1. Pemaparan, yaitu yang menyebabkan konsumen menyadari stimulus tersebut melalui panca indranya.

2. Perhatian, ialah kapasitas pengolahan yang dialaokasikan konsumen terhadap stimulus yang masuk.

3. Pemahaman, ialah interpretasi terhadap makna stimulus.

4. Penerimaan, ialah dampak persuasif stimulus kepada konsumen.

5. Retensi, pengalihan makna  stimulus terhadap ingatan jangka panjang.

Pemaparan adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh para pemasar untuk menyampaikan stimulus kepada konsumen. Stimulus yang datang kesalah satu panca indera konsumen disebut sensasi. Sensasi dipengaruhi oleh ambang absolute dan ambang berbeda.

Faktor yang mempengaruhi perceptual selection yaitu Faktor pribadi (karakteristik konsumen yang muncul dari dalam diri konsumen) dan Faktor stimulus (dapat dikontrol dan dimanipulasi pemasar untuk menarik perhatian konsumen).

Faktor stimulus meliputi Ukuran (size); Warna (color); Intensitas; Kontras (contrast); Posisi (position); Petunjuk (directionaly); Gerakan (movement); Kebauran (novelty); Isolasi (isolation); Stimulus yang disengaja; Pemberi pesan yang menarik; Perubahan gambar yang cepat

Menurut Gibson et al. (1996) persepsi adalah proses seseorang dalam memahami lingkungannya yang melibatkan pengorganisasian dan penafsiran sebagai rangsangan dalam suatu pengalaman psikologis. Peranan persepsi itu sendiri yaitu berperan dalam penerimaan rangsangan, mengaturnya, dan menterjemahkan atau menginterprestasikan rangsangan yang sudah teratur itu untuk mempengaruhi perilaku dan membentuk sikap konsumen.

Summarized by Q Ahmada Arifin (Majoring in Department of Management, Faculty of Economics and Management,  Bogor Agricultural University, Bogor, Indonesia).
Based  on Ujang Sumarwan, 2003. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran (Consumer Behaviour: Theory and Application in Marketing). www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id

Comments are closed.